7 TANDA ANDA MEMILIKI JIWA PEMIMPIN

Potensi untuk menjadi seorang pemimpin hampir ada di setiap orang, baik itu untuk memimpin sebuah perusahaan, memimpin sebuah tim kerja, memimpin komunitas, atau memimpin sebuah keluarga. Namun sayangnya banyak orang yang tidak menyadari potensi yang ada pada dirinya tersebut.

Lalu apa saja tanda-tanda yang menunjukkan jika anda memiliki potensi untuk menjadi pemimpin? Berikut ini ada 7 tanda bahwa anda memiliki jiwa sebagai seorang pemimpin.

1. Persuasif
Persuasif merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Jika anda handal dalam berbicara untuk mengajak atau mempengaruhi orang lain, maka anda merupakan seorang pemimpin yang baik. Yang terpenting dalam berbicara untuk mempengaruhi atau mengajak orang lain haruslah dengan cara yang baik dan sopan, jangan memaksa.

2. Menginspirasi
Seorang pemimpin tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Namun harus bisa menginspirasi orang-orang disekitarnya. Seperti memberikan motivasi, mengajarkan ilmu baru, serta berbagi pengalaman untuk orang-orang di sekitarnya. Sifat tersebut akan membuat orang-orang terinspirasi dengan anda dan mau membantu.

3. Percaya diri
Jika anda selalu percaya terhadap apa yang anda kerjakan dan yakin bahwa akan berhasil dan hasilnya akan bagus, maka anda merupakan seorang pemimpin yang bagus. Tidak hanya percaya pada diri sendiri, namun anda harus percaya terhadap karyawan-karyawan anda agar mereka lebih semangat untuk mengerjakan pekerjaanya karena merasa telah diberi kepercayaan yang lebih.

4. Berusaha
Jika anda sedang mengerjakan sebuah pekerjaan haruslah diselesaikan dengan baik. Jika anda menghadapi sebuah masalah haruslah menemukan solusi dari masalah tersebut. Semuanya tergantung dari usaha anda. Seorang pemimpin adalah contoh dari para karyawannya, jika pemimpin selalu berusaha dengan baik, para karyawannya pun akan berusaha dengan baik pula.

5. Mengendalikan diri
Seorang pemimpin harus bisa mengendalikan dirinya sendiri. Artinya harus sabar dan tidak emosi ketika menghadapi masalah. Jangan pernah membuat keputusan ketika sedang emosi. Ketika berhadapan dengan masalah cobalah untuk tenang dan berpikir dengan jernih untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

6. Karismatik
Tidak setiap orang memiliki jiwa karismatik. Hanya orang yang bisa menjadi pemimpin saja yang mempunyai sifat karismatik. Orang karismatik akan memiliki aura tersendiri yang membuat orang lain akan menghormatinya. Orang dengan jiwa karismatik biasanya berani mengambil resiko, mau mendengarkan orang lain, dan menghargai lawan bicaranya.

7. Kreatif
Seorang pemimpin harus mempunyai pemikiran yang lebih luas dari orang lain. Sehingga bisa membuat hal-hal yang belum pernah dibuat oleh orang lain. tidak hanya untuk pekerjaan, seorang pemimpin juga harus memiliki pemikiran yang luas dalam menghadapi masalah agar bisa selalu menemukan solusi.

Jadi itu beberapa tanda jika anda memiliki jiwa sebagai seorang pemimpin. Apakah anda memiliki setiap poin di atas? Jika iya, anda merupakan seorang pemimpin yang baik.

About 

http://inovasipintar.com/7-tanda-bahwa-anda-memiliki-jiwa-seorang-pemimpin/

Comments

comments

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *