BUDAYA AGRARIS YANG MULAI TERLUPAKAN DI BALI

Masyarakat Bali yang terlahir saat ini, pasti tidak akan lagi mengenal istilah SUBAK yang cakupannya cukup luas, bukan cuma masalah organisasi membagi air, tetapi juga menentukan saat tanam padi, cara-cara menggarap tanah, memelihara padi, cara memanen, sampai pada urusan ritual..

Istilah-istilah berikut ini mungkin banyak yang sudah melupakannya:

Organisasi membagi air dalam Subak memunculkan istilah: Telabah, Telajakan, Temuku.

Menentukan saat tanam menimbulkan istilah seperti: Kertha masa, Tangluk merana, kapan harus mulai menanam padi dan kapan batas akhir menanam.

Cara menggarap sawah menimbulkan istilah: sekaa makal (menggemburkan tanah), sekaa melasah (meratakan tanah yang sudah gembur), sekaa munduk (membuat pematang).

Memelihara padi memunculkan istilah: sekaa ngabut bulih(mencabut benih), sekaa nandur (menanam), sekaa mabulung (membersihkan rumput di sela padi).

Setelah panen muncul istilah sekaa manyi (memanen), sekaa makajang (mengangkut padi dari sawah hingga ke lumbung padi / gelebeg yang ada di rumah).

Menghitung ikatan padi yang dipanen memunculkan istilah dari urutan paling kecil sampai terbesar, yakni Pejangan (segenggam tangan), Tatap (dua pejangan), Cekel (tiga tatap), Tenah (tiga cekel) dan seterusnya.

Istilah-istilah diatas mungkin sekarang tinggal kenangan, tapi kebiasaan petani jaman dulu yang suka bergotong royong membajak sawah hingga memanen hasilnya, yang merupakan landasan menyama braya dan medesa adat di bali, tidak boleh kita lupakan.

Semangat dan kebersamaannya patut kita lestarikan dan kita wariskan kepada anak-anak kita.

Bukankah demikian teman-teman?

Ir WAYAN SUYASA Menuju DPRD 1 Bali, Caleg Hanura nomer 1 Dapil Klungkung. Mohon Dukungan dan Doa Restunya.

#wayansuyasa, #caleghanura, #caleghanuradprd1bali, #calegdapilklungkung, #infoklungkung, #kabarklungkung, #salamgemasanti, #suaraklungkung, #Jokowi2Periode

Comments

comments

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *