KEMAMPUAN MENGHADAPI ORANG LAIN DALAM KEPEMIMPINAN

Untuk menjadi seorang pemimpin hendaknya anda harus mengerti bagaimana cara menghadapi orang lain dan bagaimana anda dihormati. Pemimpin pada dasarnya adalah orang yang mampu menggerakan sumberdaya (terutama manusia) pemimpin dibuktikan pertama dari bagaimana dia mampu meyakinkan orang-orang yang dipimpinya untuk memahami visi dan misi organisasi untuk kemudian mau bersama-sama mengupayakan tujuan organisasi tersebut.
Pemimpin mempunyai kekuasaan atas pengikutnya bukan hanya karena apa arti jabatannya tersebut tetapi karena kemampuan personality.
Sikap, tingkah laku yang kemudian memunculkan wibawa. Kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakan orang lain guna mencapai tujuan tertentu ini disebut Kepemimpinan atau leadership. Kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan atas manajemen, dan lebih dari itu adalah menentukan keberhasilan administrasi. ini berarti bahwa akan menentukan tercapainya atau tidaknya tujuan. Untuk menjadi seorang pemimpin hendaknya kita memiliki kemampuan untuk menghadapi orang lain.
Oleh karena itu kita harus memiliki sifat sifat kepemimpinan untuk menghadapi orang lain diantara lain adalah:
  1. Memiliki Passion Passion memiliki artisemangat dan gairah, Keinginan besar, Kegemasan dan keberanian, menjalin hubungan dengan orang lain untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri mereka untuk membangun loyalitas dan komitmen. Passion merupakan bentuk antusiasme yang di tunjukkan oleh seorang pemimpin kepada bawahannya yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri. Seorang pemimpin harus bisa menularkan energi positif kepada bawahannya. Gairah dan semangat seorang pemimpin akan terlihat dari bahasa tubuh saat dia beraktivitas.
  2. Kejujuran. Pemimpin yang baik harus mempunyai kejujuran yang tinggi baik kepada diri sendiri maupun kepada bawahan. Kejujuran adalah simbol moralitas tertinggi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.
  3. Kemampuan berkomuniskasi Pemimpin diharapkan mahir menulis dan berbicara, mudah menangkap maksud orang lain, mahir mengintegrasikan berbagai opini serta aliran yang berbeda-beda untuk mencapai krukunan dan keseimbangan.
  4. Integritas Seorang leader yang mempunyai integritas tinggi tentu kata-kata yang diucapkannya akan memberikan kuasa, mempunyai kekuatan akan rencana-rencana nya dan akan memberikan daya (force) atas setiap tindakannya.
  5. Keramahan dan kecintaan Dedikasi pemimpin bisa memotivasi bawahan untuk melakukan perbuatan yang menyenangkan semua pihak, sehingga dapat diarahkan untuk mencapai tujuan.
  6. Rendah Hati Kerendahan hati merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin yang hebat. Pemimpin tidak akan pernah berhasil dalam membangun bisnis apabila tidak mengintrospeksi diri terhadap setiap kesalahan pribadi dan mengakui bahwa sebenarnya ada kontribus orang lain dalam kesuksesan anda.
  7. Determination Determination yang di maksud dalam kepemimpinan adalah seorang Pemimpin yang dalam setiap keputusan nya mempunyai kepastian bahwa apapun yang di putuskan adalah yang terbaik bagi organsasi. Semua tentu mengandung resiko dan untuk itulah fungsi pemimpin ada untuk melakukan analisa terhadap apa yang telah di tentukannya.
  8. Komitmen Komitmen di bangun satu sama lain dengan tujuan agar setiap individu berpegang teguh dan berfokus pada keputusan yang di ambil, tanpa mempertanyakan apaapa lagi apapun keadaan yang akan terjadi. Begitu pula sebagai seorang pemimpin yang telah berkomitmen untuk memajukan perusahaan, maka semua yang dilakukan nya sematamata adalah untuk memajukan perusahaan menjadikan perusahaan lebih baik.
  9. Ketegasan dalam mengambil keputusan Pemimpin yang berhasil pasti dapat mengambil keputusan secara cepat, tegas dan tepat sebagai hasil dari kearifan dan pengalamannya.
  10. Kepercayaan Keberhasilan kepemimpinan didukung oleh kepercayaan anak buahnya, yaitu percaya bahwa pemimpin dengan anggota berjuang untuk mencapai tujuan.
  11. Keterampilan mengajar Pemimpin yang baik adalah yang mampu menuntun, mendidik, mengarahkan, mendorong, dan menggerakkan anak buahnya untuk berbuat sesuatu.

Comments

comments

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *