PENGERTIAN, PERBEDAAN VISI DAN MISI

Visi dan misi menunjukan gambaran kemana suatu organisasi akan diarahkan dan hasil apa yang ingin dicapai. Karena sifatnya yang universal tidak hanya suatu organisasi seperti perusahaan, sekolah, koperasi, LSM tetapi INDIVIDU juga perlu memiliki visi dan misi.

Pengertian Visi

Visi adalah pandangan yang jauh dari perusahaan, tujuan – tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan di masa depan. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan penjelasan rinci tentang sistem target, karena perubahan ilmu pengetahuan dan situasi yang sulit untuk memprediksi dalam jangka panjang.
Visi adalah “what be believe we can be” Visi merupakan gambaran masa depan mau jadi apa lembaga kita. Menentukan visi berarti menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai
Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah pernyataan visi :
  • Berorientasi ke depan.
  • Jangan dibuat berdasarkan kondisi saat ini.
  • Mengekspresikan kreativitas.
  • Berdasarkan prinsip yang berisi nilai menghormati orang-orang.

Pengertian Misi

Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dilakukan oleh badan dalam upaya untuk mewujudkan visi tersebut. Misi perusahaan adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada. Misi ini juga akan memberikan arah sekaligus membatasi proses mencapai tujuan.
Misi adalah “what be believe we can do” Misi adalah apa yang bisa dilakukan untuk mencapai gambaran masa depan (visi). Misi merupakan langkah-langkah dan strategi apa untuk mencapai visi kita.
Kadangkala misi perlu dirubah sedemikian rupa apabila visi belum tercapai. Jadi bukan visinya yang dirubah hanya cara-caranya mencapai tujuan yang dirubah. Apabila visi berubah-ubah maka akan terkesan tidak konsisten gambaran masa depan tentang organisasi tersebut.

Secara Garis Besar Dapat Disimpulkan Perbedaan Visi dan Misi

Dalam aplikasi berdasarkan pernyataan misi merupakan hasil dari perwujudan visi. sehingga misi adalah sesuatu yang nyata untuk mengarahkan dan juga dapat memberikan petunjuk menjelaskan bagaimana untuk mencapai visi. Pernyataan misi biasanya mencakup pernyataan yang jelas tentang apa yang Anda ingin menargetkan, dan kadang-kadang memberikan informasi tentang bagaimana suatu objek (misalnya perusahaan) bekerja.

Kajian Visi Dan Misi Lain

  • Visi adalah cara pandang jauh ke depan di mana organisasi harus diambil dalam rangka untuk eksis, antisipatif dan inovatif. Visi adalah gambaran yang menantang dari negara masa depan yang diinginkan organisasi.
  • Misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran organisasi yang akan dicapai. Pernyataan misi organisasi dibawa ke fokus. Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana melakukannya.
  • Misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh organisasi sehingga tujuan organisasi dapat dicapai dan sukses. Dengan pernyataan misi yang diharapkan dari semua karyawan dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal organisasi dan menentukan peran dan program dan hasilnya akan diperoleh di masa depan.
  • Visi adalah pandangan / pemikiran tentang masa depan (tujuan masa depan) misi sedang / akan melakukan apa yang sudah ada dalam visi.
Contoh visi dan misi
Visi Menjadi sekolah Internasional yang berwawasan Ilmu pengetahuan dan teknologi dengan Mengedepankan Iman dan takwa dengan lingkungan sehat, menyenangkan, demokratis dan mampu memberikan kontribusi penting terhadap masyarakat luas.
Misi – Menumbuhkan kegemaran dan kebiasaan membaca, menulis dan berkarya – Memotivasi peserta didik untuk untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif, aktif, kreatif, kritis dan menyenangkan – Menumbukah sikap bertanggung jawab terhadap peraturan sekolah, agama, hukum serta norma-norma dan nilai yang berlaku di masyarakat – Menciptakan lingkungan belajar yang berwawasan IPTEKS dan IMTAK – Menyiapkan peserta didik untuk menjadi pribadi yang mandiri, memiliki kreatifitas, bertanggung jawab dan berani mengembangkan potensi diri.
oleh: dudung
sumber artikel: http://server2.kuliahbahasainggris.com/cgi-sys/movingpage.cgi
http://apaperbedaan.blogspot.de/2013/06/perbedaan-visi-dan-misi.html

Comments

comments

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *